Selasa, 01 November 2016

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Mata Minus

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Mata Minus,- Mata minus merupakan salah satu kondisi gangguan penglihatan mata. Lalu berapakah mata minus anda saat ini ? Tidak ada pantangan makanan tertentu bagi penderita mata minus. Sehingga Anda tidak perlu khawatir. Mungkin secara langsung, tidak ada makanan yang dapat menyebabkan mata minus.

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang mata minus. Mata minus atau Miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi jika kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina. Pada dasarnya, progresivitas rabun jauh akan menjadi stabil mulai usia 20 tahun, artinya minus tidak akan bertambah, atau kalaupun bertambah hanya sedikit.

Koreksi mata miopia dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata sedangkan mata dengan astigmatisme adalah dengan menggunakan lensa silindris. Biasanya pengobatan dengan kaca mata dan lensa kontak. 

Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A. Mengurangi mata minus dengan memandang lilin belum terbukti secara medis.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus adalah dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar